Bantuan

Halaman Daftar Resi

Update terakhir: 21 July 2014

Halaman Daftar Resi merupakan halaman utama pengirim.com yang menampung daftar resi dan alat navigasinya. Antarmuka daftar resi dirancang sesederhana dan selengkap mungkin dengan tujuan mempermudah penggunaan dan mengelola resi dalam jumlah banyak.

Menu tengah merupakan navigasi untuk mengkategorisasikan resi. Pengirim.com membagi kategori resi dalam 4 kelompok. Yaitu sebagai berikut  

Bagi Resi

Memisahkan resi antara yang sudah dibagikan dan yang tidak dibagikan. 

Agen Pengiriman

Memisahkan resi berdasarkan agen pengiriman.

Group

Memisahkan resi berdasarkan grup. Resi dapat dikelompokan dalam grup-grup tertentu sesuai keinginan. Pilih grup yang diinginkan saat menambahkan atau mengubah resi. Isi grup dapat ditambah, diubah dan dihapus melalui menu pengaturan grup. Pemisahan berdasarkan grup akan tersedia di rilis pengirim.com selanjutnya. 

Status

Status resi dalam Pengirim.com dibagi menjadi 4. Jika statusnya bukan Non-Aktif, pengirim.com akan memperbaharui status ini secara otomatis, sesuai dengan status paket dari agen pengiriman.  Status tersebut adalah sebagai berikut. 

Dalam Proses

Merupakan resi yang masih dalam proses pengiriman oleh agen pengiriman.

Tidak Ditemukan

Status ini  berarti resi tidak terdaftar di agen pengiriman yang dipilih. Resi tidak ditemukan dapat disebabkan oleh beberapa hal. MIsalnya jika ada kesalahan ketik, memasukan resi dengan acak atau dapat juga resi valid, namun belum masuk kedalam sistem pelacakan agen pengiriman. Jika belum masuk ke sistem pelacakan, dapat ditunggu hingga ditemukan atau hubungi kontak agen pengiriman untuk informasi lebih lanjut.

Terkirim

Paket yang sudah dinyatakan sampai ke penerima paket akan memiliki status Terkirim. Pelacakan otomatis untuk paket terkirim akan berhenti secara otomatis. 

Non-Aktif

Resi  non-aktif merupakan resi yang bersifat pasif. Resi non-aktif tidak bisa dibagikan, juga tidak bisa diperbaharui statusnya. Pengirim.com tidak menyertakan resi non-aktif kedalam pelacakan otomatis,  sehingga notifikasi perubahan juga tidak dikirim.

Resi non-aktif ada karena adanya batasan pelacakan resi yang disediakan oleh Pengirim.com. Untuk pengguna gratis pembatasannya hanya 5 resi aktif. Jika ada lebih dari 5 resi, maka resi ke 6 dan seterusnya akan dianggap tidak aktif.

Resi non-aktif akan aktif secara otomatis  ketika ada kuota kosong. Misalnya ketika ada resi aktif yang berubah statusnya menjadi “Terkirim”,  Pengirim.com akan secara otomatis mengaktifkan resi non-aktif yang paling dulu dimasukan.  Status keaktifan resi juga dapat diubah secara manual melalui fitur “Ubah Resi”.

Kuota untuk paket premium jauh lebih banyak dari yang gratis. 

 

Kolom daftar resi mempresentasikan data-data yang penting dalam pengiriman, serta sistem navigasi yang memudahkan. Disediakan form pencarian untuk mencari data resi dan fungsi untuk mengurutkan data berdasarkan kolom tertentu. 

Menu yang ada di kolom daftar resi adalah sebagai berikut :

  1. Arsipkan
  2. Ubah
  3. Bagikan
  4. Perbaharui
  5. Hapus
 Hubungi Kami via Facebook
 Hubungi Kami via Facebook